Blender adalah aplikasi terpadu yang memungkinkan penciptaan berbagai konten 2D dan 3D. Blender memberikan spektrum yang luas pemodelan, texturing, pencahayaan, animasi dan fungsi pos-pengolahan video dalam satu paket. Melalui itu arsitektur terbuka, Blender menyediakan interoperabilitas cross-platform, diperpanjang, sebuah tapak yang sangat kecil, dan alur kerja yang terintegrasi. Blender adalah salah satu Open Source yang paling populer aplikasi grafis 3D di dunia.

Fitur Utama:

Sepenuhnya penciptaan suite terintegrasi, menawarkan berbagai alat-alat penting untuk penciptaan konten 3D, termasuk model, vv-pemetaan, texturing, rigging, skinning, animasi, partikel dan simulasi lainnya, script, render, composite, pasca produksi, dan permainan ciptaan;
Cross platform, dengan seragam OpenGL GUI pada semua platform, siap pakai untuk semua versi Windows (98, NT, 2000, XP), Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan berbagai sistem operasi lain;
berkualitas tinggi arsitektur 3D yang memungkinkan cepat dan efisien penciptaan karya-aliran;
Lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing (pengguna) di seluruh dunia;
Pengguna dukungan masyarakat melalui forum untuk pertanyaan, jawaban, dan kritik pada http://BlenderArtists.org dan layanan berita di http://BlenderNation.com;
Ukuran executable kecil, distribusi mudah.

Sumber : http://catatanxkn.blogspot.com/2010/07/blender-253-beta.html

Pendahuluan

Selamat Datang di Blender! Dokumentasi Blender ini terdiri dari banyak bagian: buku panduan ini, rujukan, tutorial, forum, dan banyak sumber-sumber web lainnya. Bagian pertama dari manual ini akan memandu Anda melalui download Blender, instalasi, dan jika Anda memilih untuk men-download sumber-sumbernya, membangun file eksekusi untuk berjalan pada mesin Anda.

Blender memiliki antarmuka yang sangat tidak biasa, yang sangat optimal untuk produksi grafis 3D. Hal ini mungkin sedikit membingungkan bagi pengguna baru, namun akan membuktikan kekuatannya dalam jangka panjang. Anda sangat dianjurkan untuk membaca bagian kami pada The Interface hati-hati, baik untuk keakraban dengan antarmuka dan dengan konvensi yang digunakan dalam dokumentasi. [hzr]

Apa itu Blender?

Blender ini pertama kali disusun pada bulan Desember 1993 dan lahir sebagai produk yang dapat digunakan pada bulan Agustus 1994 sebagai aplikasi yang terintegrasi yang memungkinkan penciptaan berbagai konten 2D dan 3D. Blender memberikan spektrum yang luas pemodelan, texturing, pencahayaan, animasi dan fungsi pos-pengolahan video dalam satu paket. Melalui arsitektur terbuka, Blender menyediakan interoperabilitas cross-platform, diperpanjang, sebuah tapak yang sangat kecil, dan alur kerja yang terintegrasi. Blender adalah salah satu aplikasi grafis 3D Open Source yang paling populer di dunia.

Ditujukan untuk seluruh dunia terutama profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, image still serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk stand-alone playback.

Awalnya dikembangkan oleh perusahaan ‘Not a Number’ (NaN), Blender dilanjutkan sebagai ‘Free Software’, dengan kode sumber yang tersedia di bawah lisensi GNU GPL. Sekarang terus dikembangkan oleh Blender Foundation di Belanda.

Antara 2008 dan 2010, Blender telah sepenuhnya kembali kode untuk meningkatkan fungsi, alur kerja dan antarmuka. Hasil penelitian ini menghasilkan versi perangkat lunak yang dikenal sebagai Blender 2,5 (saat ini dalam pengujian alpha).

Fitur Utama:

Rendering image and post-working on it

· Penciptaan penuh (suite) yg terintegrasi, menawarkan berbagai alat-alat penting untuk penciptaan konten 3D, termasuk model, uv-pemetaan, texturing, rigging, skinning, animasi, partikel dan simulasi lainnya, script, render, composite, pasca produksi, dan penciptaan permainan;

· Cross platform, dengan keseragaman OpenGL GUI pada semua platform (dapat disesuaikan dengan skrip python), siap pakai untuk semua versi Windows (98, NT, 2000, XP, Vista, 7), Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan berbagai sistem operasi lain;

Sumber : http://wiki.blender.org/index.php/Doc:ID/2.5/Manual/Introduction