A. Pengenalan tool

Berdasarkan ketentuan yang di tetapkan oleh dosen kami disini kami menggunakan “Blender”. Blender adalah perangkat lunak 3 dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows,Mac OS X,Linux,Solaris,netBSD,FreeBSD,dan OpenBSD. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja

B. Alur

Alur cerita animasi yang kami buat adalah :

  1. Bola datang dari luar kamera
  2. Pemukul baseball bergerak memukul bola yang datang.
  3. Hal ini dilakukan sampai tiga buah bola dengan masing masing setiap bola berbeda arah  sampai bola terakhir yang tidak kena pukulan.

C. Pembahasan

  1. Install software blender terlebih dahulu.
  2. Setelah instalasi selesai , silahkan buka program blender tersebut.

Ketika membuka blender silahkan edit Workspace sesuai dengan keinginan, workspace yang kami gunakan sperti gambar dibawah ini.

Gambar 1 Tampilan Awal Blender

Selanjutnya membuat objek lingkaran, dengan mengunakan menu ADD ==> MESH ==> CIRCLE

Gambar 2 Membuat Objek Lingkaran

Masuk ke edit mode dengan menahan klik kanan, lalu pilih EDIT ==> ENTER EDIT

Gambar 3 Edit Mode

Tekan E pada keyboard lalu pilih ONLY EDGES lalu perpanjang objek dengan cara menggeser mouse , kemudian klik kiri pada mouse

Gambar 4 Extrude Objek

Lakukan Extrude sekali lagi kemudian tekan S dan bentuk sesuai keinginan . Lalu lakukan EXTRUDE dan SIZE hingga objek berbentuk pemukul bola.

Gambar 5 EXTRUDE DAN SIZE

Tekan TAB untuk keluar dari EDIT MODE , pastikan objek telah berbentuk sesuai dengan keinginan.

Gambar 6 Objek selesai dibentuk

Tambahkan Bola dengan memilih pada menu ADD ==> MESH ==> UVSphere, tambahkan hingga berjumlah 3 bola.

Gambar 7 Pembuatan Bola

Masuk ke IPOCurve dengan mengklik Display Current Windows Type, pilih IPOCurve Editor (Seperti pada gambar dibawah

Gambar 8 IPOCurve Editor Mode

Klik kanan objek bola lalu tekan I dan pilih LOC , klik kanan objek pemukul bola, kemudian tekan I dan pilih LocRot, lakukan hal yang sama pada semua objek termasuk kamera

Gambar 9 Pergerakan Objek Awal

Ganti TIME menjadi sesuai yang diinginkan, lalu gerakan objek dan kemudian tekan I kemudian pilih Loc untuk bola sedangkan untuk pemukul pilih LocRot

Gambar 10 Pergerakan Objek Akhir

Masuk ke Window Timeline , caranya sama seperti IPOCurve tetapi yang di pilih adalah Timeline

Gambar 11 Timeline Mode

Lakukan pemotongan video dengan cara, mengganti nilai End menjadi sesuai keinginan. Tekan Alt+A untuk mencoba (play) animasi yang telah dibuat, lalu tekan Esc untuk menghentikannya

Gambar 12 View Animasi

Untuk pemberian texture klik Shading Button pada menu bawah atau tekan F5, lalu ganti texture tipe menjadi image. Lakukan load gambar pada menu image.

Gambar 13 Pemberian Texture

Masuk ke rendering, dengan cara klik Render ==> Render Setting

Gambar 14 Rendering Setting

Ganti format Output yang default JPEG menjadi AVI Codec, apabila ingin melakukan perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).

Gambar 15 Pergantian Output dan Setting Kecepatan Animasi

Lakukan render dengan mengklik Render ==> Render Animation (Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama rendering)

Gambar 16 Rendering Animasi

Setelah selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp Gambar 17 Directory File Output.

Gambar 17 Output file directory

Finish.

sumber : http://apvalentine.students.uii.ac.id/tutorial-blender-membuat-animasi-3d-permainan-baseball-tugas-akhir-grafika-komputer/