Pengertian VRML

VRML (Virtual Reality Modeling Language) merupakan suatu bahasa pemrograman dan pemodelan objek-objek 3D yang kian hari kian diminati oleh para pengguna komputer diseluruh dunia. Bahasa ini memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna untuk melakukan visualisasi objek-objek 3D yang relatif mudah dan biayanya murah melalui Internet tanpa harus membeli program perangkat lunak yang mahal seperti Macromedia Flash.

VRML mampu mewakili objek statis dan animasi dan dapat memiliki hyperlink ke media lain seperti suara, video, dan gambar. Interpreter (browser) untuk VRML secara luas tersedia untuk berbagai platform serta authoring tool untuk membuat file VRML. VRML mendukung model diperpanjang yang memungkinkan objek baru untuk menjadi pasti dan proses pendaftaran untuk memungkinkan masyarakat untuk mengembangkan aplikasi ekstensi interoperable dengan standar dasar.
Seiring dengan era globalisasi, peran VRML dalam pertukaran informasi ruang 3D melalui jaringan internet menjadi sangat penting. Selain itu, VRML dapat pula diaplikasikan dalam berbagai bidang pekerjaan atau profesi. Setiap VRML97 selalu diawali dengan header pada baris pertama, dan diikuti dengan perintah dasar VRML yaitu nodenode pada baris berikutnya

Sejarah
Realitas Virtual Modeling Language awalnya diciptakan sebagai upgrade untuk sebuah antarmuka pemrograman aplikasi grafis 3D yang disebut Open Inventor, yang dikembangkan oleh Silicon Graphics, Inc Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) bersertifikasi untuk digunakan Web dan menciptakan standar untuk 3D Web interface berdasarkan itu pada tahun 1994. Tahun berikutnya, Konsorsium Web3D diciptakan untuk mendefinisikan, dokumen dan standarisasi perkembangan masa depan VRML dan setiap bahasa pemrograman baru yang akan dikembangkan dari itu. Meskipun VRML masih fungsional dan tersedia untuk digunakan, secara resmi digantikan oleh bahasa lebih maju disebut X3D pada tahun 2004.

Fungsi
Anda dapat menggunakan VRML untuk membuat objek 3D untuk ditampilkan di situs internet melalui browser Web standar dengan memasukkan kode tertentu yang menunjukkan sifat-sifat suatu objek ke dalam sebuah file teks biasa yang dibuat dengan program seperti Microsoft Notepad. Kode yang Anda masukkan ke dalam file teks akan menentukan koordinat untuk masing-masing objek simpul sehingga Web browser tahu cara menggambar gambar.

Browser VRML

Sebelum kita mulai belajar menggunakan VRML-nya sendiri, ada baiknya kita tahu browser apa saja yang dapat digunakan untuk menampilkan VRML. File VRML biasanya mempunyai akhiran wrl, berasal dari world. Dalam bentuk terkompresi, akhiran ini bisa juga lain seperti wrz atau wrl.gz. Ini tidak bermasalah, sebab biasanya browser juga mendukung jenis file yang terkompresi. Untuk dapat menampilkan isi file ini, tentu saja dibutuhkan aplikasi yang bisa menginterpretasikan bahasa VRML. Dalam praktiknya, aplikasi ini sebagian besar dibuat dalam bentuk plugin yang berjalan di bawah kontrol browser seperti IE, Netscape, ataupun Opera. Situs Web www.vrml.org menyediakan banyak resource untuk VRML, termasuk browser dan plugin untuk VRML. Dalam bentuk plugin dapat disebutkan antara lain Blaxxun ContactBlenderWeb PluginCosmo PlayerViscape, dll. Biasanya plugin tersebut tidak hanya mampu untuk menampakkan VRML, melainkan juga format 3D lainnya.

Selain dalam bentuk plugin tentu saja ada juga browser dalam bentuk aplikasi standalone. Contohnya antara lain, OpenVRMLFreeWRLVRWebVRMLView dari SIM, Cortona VRML,dan sebagainya. Beberapa aplikasi komersial seperti Open Inventor dari TSG bahkan telah mendukung VRML, tidak hanya dalam level konversi antarformat file, tapi sebagai tool authoring untuk VRML.

Gambar-gambar yang ditampilkan dalam artikel ini sendiri dicapture dari plugin Blaxxun Contact yang dapat didownload dari ftp.blaxxun.com. Sayang software ini hanya berjalan di sistem operasi Windows. Bagi pemakai Unix dapat mencoba OpenVRML atau FreeWRL. OpenVRML sebenarnya adalah tools untuk pembuatan aplikasi VRML dengan menyertakan contoh program browser VRML yang masih sederhana.

Lalu Bagaimana Menghasilkan File VRML?

Seperti disinggung sebelumnya, isi dari file VRML adalah berupa teks yang dapat dibaca dan dimengerti oleh kita secara langsung (human readable). Maka pada prinsipnya semua editor teks dapat digunakan untuk membangun isi file ini. Bagi yang ingin lebih profesional, dapat menggunakan editor yang dibuat khusus untuk mengedit file VRML, yaitu VrmlPad yang bisa didapatkan dari situs www.parallelgraphics.com/products/vrmlpad. Selain kita (dengan cara “doing it by hand”), dapat juga digunakan program aplikasi untuk menggenerasi file VRML, biasanya disebut tool authoring VRML. Salah satunya adalah Open Inventor dari TGS, seperti telah disinggung sebelumnya, yang menyediakan tool grafik C++ yang konon paling banyak digunakan di dunia untuk menggenerasi node dari VRML. Ini tidak mengherankan, karena dilihat dari sejarahnya, format yang dipakai oleh VRML adalah hasil tiruan dari format Open Inventor, dengan berprinsip pada don’t reinvent the wheel. Selain itu Pro/E, salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mengkonstruksi di bidang teknik mesin dapat juga menghasilkan file berformat VRML. Namun pada ProE/2000i, hasil eksportnya masih berformat VRML 1.0.

Bahasan dalam artikel ini hanya terbatas cara menggunakan VRML secara manual untuk membangun dunia virtual. Oleh karena itu, sangat penting sekali mengerti cara kerja tiap perintah dari VRML. Salah satu keuntungan cara manual ini adalah, kita dapat membuat dunia virtual dengan VRML secara optimal, baik dari ukuran besar file maupun strukturnya. Tentu saja ini disertai dengan nilai minusnya, seperti tingkat kerumitan yang makin meningkat dengan makin kompleksnya objek yang kita inginkan.

Dasar Dari Pemrosesan Grafik

Walau kita tidak akan belajar menditel tentang pemrosesan grafik 3D, tidak ada salahnya kita tahu sedikit apa yang sebenarnya terjadi saat objek 3D ini digenerasi oleh komputer kita. Setiap kali isi VRML harus digambarkan ke tampilan, maka ada proses tertentu yang harus dikerjakan. Urutan dari proses ini disebut dengan Graphics Pipeline yang diagramnya dapat dilihat diGambar 1 (diambil dari www.uark.edu/ wrgx/vrml/). Bergantung pada tool yang digunakan, maka proses ini dapat diimplementasikan dengan software atau mungkin sudah diimplementasikan langsung di kartu grafiknya. Tool yang digunakan untuk mengimplementasi Graphics Pipeline ini biasanya disebut juga dengan rendering engine. Beberapa jenis rendering engine ini al: RealityLab, RenderWare, 3DR, OpenGL, Mesa, Quickdraw 3D.

Membuat Objek 3D dengan VRML

Isi dari tutorial ini lebih ditekankan pada fitur yang ada pada VRML serta pengertian tentang cara kerjanya. Bagaimana cara membangun dunia virtual dilihat dari nilai seni dan tata layoutnya tidak tercakup di sini. Ini memang disebabkan background penulis adalah orang teknik.

Seri tutorial ini akan dibagi menjadi 4 bagian. Artikel bagian pertama, yang sedang Anda baca ini, akan membahas resource dan contoh proyek yang saat ini sedang aktual. Lalu dasar-dasar dari VRML, seperti konsep dan struktur VRML, cara membuat objek geometri dasar, serta cara memanipulasi tampakan dari objek ini. Tidak kalah pentingnya adalah mengerti sistem koordinat yang dipakai oleh VRML.

Tema utama dalam bagian kedua nanti akan membahas tentang konsep even dan cara menyambungnya (event routing). Dengan disertai contoh yang sederhana, beberapa sumber yang bisa menyebabkan even akan ditampilkan. Tentu saja cara untuk mengirimkan dan menangkap even juga akan dibahas di sini.

Pada bagian ketiga, akan dibahas tema yang lebih kompleks, yaitu cara membuat animasi dengan memanfaatkan bahasa skrip. Karena even adalah satu-satunya cara untuk berkomunikasi, maka di sinipun digunakan metode even seperti yang dibahas pada bagian sebelumnya.

Bagian terakhir dari tutorial ini akan membahas cara mengintegrasikan VRML dengan bahasa Java. Biasanya ini dilakukan pada proyek yang membutuhkan algoritma dan perhitungan yang kompleks. Contohnya adalah untuk membuat simulasi lengan robot, robot berjalan dan sebagainya.

 

DAFTAR PUSTAKA

http://ruru-qddy.it-kosongsatu.com/

http://www.master.web.id/mwmag/issue/05/content/tutorial-vrml-1/tutorial-vrml-1.html

 

http://artha17.blogspot.com/2011/02/vrmlvirtual-reality-modelling-language.html

http://google.co.id/