Tidus

Listen to my story. This… may be our last chance.”

Name : Tidus
Romaji : Tida
Voice Actor : Masakazu Morita (Japan) ; James Arnold Taylor (U.S.)
Age : 17
Height : 5’9” (175 cm)
Eye Color : Blue
Hair Color : Dirty Blonde
Laterality : Right-Handed
Home : Dream Zanarkand
Weapon : Longsword
Overdrive : Swordplay
Sphere Grid : Aqua

Tidus merupakan anak kandung dari Jecht, yang merupakan bintang Blitzball di Zanarkand. Ia sendiri mulai menjadi pemain yang diandalkan di timnya di Zanarkand, hingga suatu hari Sin datang dan menghancurkan tempat tinggalnya tersebut dan memindahkan Tidus ke dunia Spira.

Dalam keadaan tersesat dan kebingungan di dunia yang berbeda baginya, Tidus bertemu dengan Yuna dan para penjaganya yang akan melakukan perjalanan untuk menghentikan Sin. Ia ikut menjadi Guardian Yuna sambil berharap dalam perjalanannya, ia dapat menemukan cara untuk kembali ke tempat asalnya.

Personality

Tidus merupakan orang yang ceria, optimis, agak sembrono, dan memiiliki sifat kekanak-kanakan di awal permainan. Meskipun begitu, ia dapat berubah menjadi pribadi yang lebih serius pada saat situasi menjadi gawat.

Pendapatnya mengenai kepercayaan Yuna akan ajaran Yevon, serta pada saat mengetahui kenyataan di balik Final Aeon.

Tidus memiiki masalah di masa lalunya berkaitan dengan ayahnya, Jecht, yang selalu mempermainkan dan berpikir rendah mengenai anaknya tersebut. Hal ini kemudian menjadi motivasi bagi dirinya untuk mulai bermain Blitzball dan berusaha untuk menjadi seorang pemain bintang yang dapat mengungguli ayahnya.

Sepanjang permainan berlangsung, Tidus berkembang menjadi sosok yang lebih dewasa, dan ia memutuskan untuk mengakhiri segala pertempuran yang ada demi teman-temannya, ayahnya, maupun dirinya sendiri untuk menyelamatkan dunia.

Love Interest

Meskipun wanita yang pertama kali ditemuinya di Spira adalah Rikku, hati Tidus telah jatuh kepada Yuna, sang summoner yang melakukan perjalanan untuk mengehentikan Sin dan bersedia mengorbankan dirinya untuk menciptakan perdamaian di Spira. Adegan romantis legendaris Tidus dan Yuna terjadi di Macalania Lake, di mana Tidus mencium Yuna diiringi lagu Suteki da ne.

Meskipun Tidus memilih Yuna, beberapa adegan romantis kecil bersama dengan party member wanita yang lain dapat terjadi Final Fantasy X. Di guadosalam, player dapat berbicara dengan Rikku untuk ketiga kalinya pada saat sedang menunggu Yuna dan memilih pilhan “I’d rather have you, Rikku” . Rikku akan tertawa kecil, kemudian memukul Tidus dan berkata dalam bahasa Al Bhed, “Maybe Someday!”. Hal yang sama juga dapat dilakukan pada Lulu, di mana ia akan menjawab, “Interesting. I suppose I could add you to my list. I wish you good luck, little boy, you’re going to need it.”

In Battle

Tidus merupakan karakter yang memiliki campuran job Warrior dengan Time Mage, karena magic Slow dan Haste merupakan Unique Ability milik Tidus dalam Sphere Grid-nya. Ia memiliki status keseluruhan yang seimbang dengan Strength di bawah Auron, namun memiliki perkembangan yang bagus untuk status Agility, Evasion, dan Accuracy.

Abilities

Secara umum, Unique Abilities dari Tidus berkisar pada Time Magic dan skill yang berguna untuk meningkatkan status tertentu, menyebabkan delay pada musuh, serta kabur dari battle. Daftar Unique Abilities milik Tidus :

Delay Attack Delay Buster
Quick Hit Cheer
Flee Provoke
Slow Hastega
Haste Slowga

Overdrive

Check this out!”
—Tidus

Tidus memiliki Overdrive yang disebut sebagai Swordplay. Sebelum Swordplay dilakukan, akan muncul sebuah meteran dan time-counter yang berhitung mundur. Pada bagian tengah meteran, terdapat bar abu-abu kecil. Player harus berusaha untuk dapat mengenai bar tersebut untuk dapat melakukan Swordplay. Semakin kuat Swordplay yang dilakukan Tidus, semakin kecil pula bar tersebut, dan semakin sedikit pula waktu yang disediakan.

Tidus dapat mempelajari Overdrive baru dengan menggunakan Overdrive yang ia miliki sebelumnya sejumlah angka tertentu sepanjang permainan. Overdrive yang ia miliki secara berturut-turut adalah Spiral Cut (Default) , Slice & Dice (10 use) , Energy Rain (30 use) , dan Blitz Ace (80 use).

Equipments

Tidus menggunakan Longsword sebagai senjata utamanya, sedangkan Shield digunakan sebagai pertahanan. Celestial Weapon milik Tidus bernama Caladbolg.

Fungsi penuh dari Caladbolg baru didapatkan apabila player sudah meng-upgrade-nya dengan menggunakan Sun Crest dan Sun Sigil. Keempat slot weapon ini akan berisi ability sebagai berikut : Break Damage Limit, Triple Overdrive, Evade and Counter, dan Magic Counter. Damage yang diberikan Caladbolg akan semakin besar apabila HP Tidus semakin mendekati nilai HP maksimumnya.

Theme Song

Tidus memiliki Theme Song yang tidak bernama (hanya disebut sebagai Tidus’s Theme). Lagu ini memiliki tempo yang rendah serta bersifat mellow.

Lagu tersebut diperdengarkan dua kali dalam game, yaitu pada saat Tidus pergi menuju stadium Blitzball di Zanarkand pada awal game; serta pada saat ia mengenang Jecht melakukan Jecht Shot, dalam perjalanannya ke Luca di atas kapal feri.

Trivia

  • Nama Tidus dalam bahasa Okinawa berarti “Matahari”, berlawanan dengan Yuna yang berarti “Bulan”. Kedua Item yang digunakan untuk meng-upgrade Celestial Weapon milik Tidus, Caladbolg, memiliki nama Sun Crest dan Sun Sigil.
  • Elemental Theme milik Tidus adalah Water (Aqua). Hal ini dapat terlihat dari beberapa faktor seperti Brotherhood Sword (Pedang spesial berelemen air milik Tidus), kemampuannya berenang, serta warna Sphere Grid-nya , yaitu Aqua.
  • Tidus muncul dalam game Kingdom Hearts dengan tampilan yang lebih muda. DI sini ia muncul sebagai teman sepermainan Selphie dan Wakka di Destiny Island dan menggunakan Stick sebagai senjatanya. Ia tidak muncul dalam Kingdom Hearts II, namun namanya sempat disebut oleh Selphie.
  • Tidus juga muncul dalam Dissidia Final Fantasy dan berpihak pada Cosmos. Lawan utamanya di game ini adalah Jecht, ayah kandungnya.

http://www.ffcrystalesia.com/charactersffx/tidus